Hasil Final Piala AFF: Drama Empat Gol, Thailand Tahan Vietnam 22 CNN Indonesia

Hasil Final Piala AFF: Drama Empat Gol, Thailand Tahan Vietnam 22  CNN Indonesia
Jakarta, CNN, Indonesia.

Thailand bermain imbang 2-2 dengan Vietnam pada leg pertama Final Piala FFA 2022 di Stadion My Dinh, Jumat (13/1).

Vietnam memimpin 1-0 24 menit memasuki babak pertama ketika Nguyen Tien Lin menyundul umpan silang Cu Ngoc Hai dari kanan.

Tujuannya dilakukan dengan baik. Karena Tien Lin berjalan kembali untuk menemui bola Ngoc Hai. Tepat pada waktunya, Tian Lin terbang menjauh. Kiper Kampon, Fatomakkakul, tidak bisa menghentikan bola yang disematkan.

Pertarungan itu juga dibarengi dengan tawuran antara Vietnam dan Thailand di menit ke-40. Kapten Thai Theraton hampir mencekik Ngoc Hai. Ngoc Hai membalas dengan melemparkan tangan kanannya ke Bunmathan.

Kalah 0-1 di babak pertama, Thailand menang di babak kedua. Gol The War Elephants membuat skor menjadi 1:1 pada menit ke-48 berkat tembakan kelas satu yang dilakukan Poramet Arzvira.

Poramet Arjvirai mencetak gol dan menerima bola dari perut Teraton Bunmatan. Poramet menguasai bola dengan baik lalu dengan cekatan menjatuhkannya ke Kyu Ngoc Hai.

Setelah pengkhianatan Ngoc Hai, Poramet juga mengkhianati Do Duy Manu. Poramet yang merasa dalam posisi sempurna, mendaratkan tendangan kaki kanan kuat yang mengenai sasaran Dung Van Lam.

Gol Poramet membantu Vietnam kebobolan gol bunuh diri untuk pertama kalinya sejak dimulainya Piala FFA 2022.

Hampir kebalikannya setelah penyerahan Vietnam. Untung Thailand punya kiper Kampon Phatomakkakul. Campo menyerbu tepat pada waktunya untuk menangkis tembakan Doan van Howe dari belakang pemain Thailand itu.

Sarach Yuen kemudian memberi Thailand keunggulan 2-1 melawan Vietnam. Sarach Yuen mencetak gol berkat serangan balik brilian Teraton Bunmatan. Dengan sebuah sundulan, Dang Van Lam Yuen menjebol gawang tim tuan rumah dengan akurat.

Kejutan terjadi menjelang akhir babak kedua. Vu Van Thanh mencetak gol pada menit ke-88 untuk menyelamatkan Vietnam dari kekalahan dan juga menutup kemenangan Thailand.

Gol Wang Tan salah tempat di area penalti dari sepakan tendangan sudut Thailand. Vietnam mencoba menendang bola keluar dari area penalti lawan.

Nguyen Tan Binh kemudian memberikan bola kepada Van Tan yang bebas. Tanpa berpikir dua kali, Wang Tang menembak dengan kaki kanannya dari luar kotak penalti. Bola dengan cepat meluncur ke pojok kanan bawah gawang Campone.

Ekanit Pania melewatkan kesempatan emas Thailand untuk menang 3-2. Di menit ke-90+5', Ekanita berbenturan dengan kiper Van Lam, namun tembakannya diblok. Hasil imbang Vietnam-Thailand berakhir 2-2 tanpa gol tambahan di leg pertama Final Piala AFF 2022.

Daftar pemain final Piala AFF 2022 Vietnam-Thailand.

Vietnam XI: Dang Van Lam; Do Duy Man, Bui Tien Dang, Quy Ngoc Hai; Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung; Nguyen Thien Lin, Pham Thuan Hai

Thailand XI: Kampon Phatomakkakul; Supnan Burerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Hiprakkhon, Thailand, diperankan oleh Teraton Bunmatan, Sarach Yue, Pyradol Chamrasami, Viratep Pomphun; Adisak Khrisorn, Poramet Arzvirai

[Gambar: Video CNN]

(sri/jal)

Vietnam vs Malaysia (Sorotan Penyisihan Grup AFF Suzuki Cup 2020)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bikin Lionel Messi Terkejut Sampai Layangkan Permintaan Ke PSG, Siapa Luka Romero?

Puan Maharani Ingatkan Pandemi Covid19 Jadi Alarm Sehingga Penting Kerja Sama Seluruh Bangsa Pikiran Rakyat

Jadwal Bola Malam Ini: Ada West Ham Vs Eintracht Frankfurt Hingga Manchester United Vs Chelsea